Saturday, 31 December 2011

Aktualisasikan Diri Kita


  
                                                          Assalamu'alaikum Wr Wb

Apa yang ada di depan anda dan apa yang ada di belakang anda tak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang ada dalam diri anda. (Mohandas K. Gandhi)

Kata bijak di atas sangat dalam artinya bagi kehidupan kita kalau diri kita mau merenunginya. Dalam kehidupan di zaman sekarang dengan berbagai masalah yang kompleks berdatangan tiap harinya. Bisa dipastikan hati dan pikiran manusia akan mengalami suatu titik kejenuhan.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat memudahkan setiap orang untuk mencapai keinginannya sekarang, tetapi dengan kemudahan itu manusia biasanya terlena dan terlalu banyak menggantungkan segala sesuatunya kepada teknologi, tanpa memandang lagi kemampuan yang diberikan Allah SWT kepada dirinya sendiri.

Persaingan hidup semakin ketat dan kejam. Siapa yang mau mendapat kesuksesan harus menyingkirkan yang lainnya, tak peduli kawan atau lawan. Dari sinilah krisis moral dimulai, saling menjatuhkan antar teman dan relasi dianggap aturan main baku, dan siapa yang tidak mau ikut aturan itu akan tersingkirkan dari arena hidup ini.

Semua persaingan hidup ini membuat sebagian orang merasa menang sendiri dan sebaliknya ada yang merasa hatinya ciut, kalah saingan dengan yang lainnya. Jika kejadian ini terus menerus berlangsung dalam kehidupan kita maka mau jadi apa kehidupan manusia nantinya. Dunia hanya di penuhi rasa persaingan, saling mengalahkan antar teman, tanpa melihat cara yang dipergunakan benar apa salah.

Problema ini dapat dihentikan hanya dengan melakuan introspeksi mendalam, menyadari dengan sungguh-sungguh hakikat penciptaan kita di muka bumi ini. Kita diciptakan oleh Allah SWT tak lain hanya untuk beribadah kepadaNya. Proses hidup sehari-hari kita dengan berbagai masalah yang datang merupakan ujianNya semata, kita kuat atau merasa kalah dalam menjalaninya.

Dan yang terpenting, dalam memandang sesuatu dalam hidup ini harus dengan kacamata hati nurani. Karena kekuatan dalam diri ini adalah lebih sempurna, dibandingkan dengan segala sesuatu disekitar kita. Yakin dengan kemampuan diri sendiri yang disertai doa memohon pertolongan dari Allah SWT, adalah kunci sukses di masa depan. Wallahu’alam.

Salam.



9 comments:

  1. assalamualaikum fajar..bagus entry ini..semuga ia dapat dijadikan pedoman & panduan bagi meneruskan kehidupan yang berliku ini..hanya Allah tempat kita berserah & memohon...selamat tahun baru 2012 dari mama buat fajar & family..semuga diberkati olih Allah selama2nya..amin..

    ReplyDelete
  2. Iya setuju. Walaupun bersaing, tetapi harus sportif dan sehat serta tetap menjunjung nilai agama dan moral, akhlak, dan nilai2 lainnya yang diyakini dan dianut (tentu saja nilai yg baik)

    ReplyDelete
  3. :> Mama Aini :

    Wa'alaikumsalam mama Aini.. terima kasih ma.. amien :)
    moga mama & keluarga juga diberkati Allah disetiap detik waktuNya.. amien :)

    :> Mbak Ria :

    iya mbak, harus sportif & harus memahami arti diri sendiri :)
    salam.. :D

    ReplyDelete
  4. intinya manusia jaman sekarang jadi pada manja ya oom -_-

    ReplyDelete
  5. Kebiasaan manusia membanding2kan dengan org lain, pdhl diri kita lebih bnyk postensi. Mantab! Keep posting.

    ReplyDelete
  6. Nice artikel! Jadi optimis deh setelah baca artikel ini.

    ReplyDelete
  7. Keren om! Di update lagi donk.

    ReplyDelete
  8. A very insightful information and it very helpful. In case need some info about atap fiberglass. Thanks for sharing.

    ReplyDelete