Thursday, 26 May 2011

Radikalisme Agama ?


Membaca surat kabar Republika terbitan selasa, 24 Mei 2011 pada kolom hikmah yang berjudul ‘Multiradikalisme‘ seakan tercengang. Tulisan yang ditulis oleh Prof Dr Nasaruddin Umar MA itu membahas tentang radikalisme yang menggejala di negeri ini. Menurut beliau ada tiga radikalisme yang sekarang terjadi di Negara kita, yaitu radikalisme agama, radikalime pasar bebas, dan radikalisme kebebasan politik.



Saya disini tidak akan membahas radikalisme dua yang terakhir, yaitu radikalisme pasar bebas dan radikalisme kebebasan politik karena memang istilah itu pantas disematkan pada dua hal besar yang membelenggu Negara kita, tetapi disini lebih membahas tentang “radikalisme agama” karena saya menganggap istilah ini tidak cocok disematkan kepada agama apapun khususnya Islam, walaupun akhir-akhir ini banyak tindakan anarkis yang mengatas namakan agama di bumi pertiwi ini.


Dalam tulisannya beliau menulis “Radikalisme berbasis agama ditandai menguatnya ideologi aliran keagamaan, seperti maraknya kekerasan dan terorisme yang mengusung formalisme dalam Islam”. Jujur saya kurang setuju dengan tulisan beliau ini, karena bagaimana mungkin bisa jika ideologi aliran keagamaan semakin menguat akan timbul suatu kekerasan dan terorisme yang mengusung formalisme dalam Islam.


Menguatnya pemahaman tentang ideologi aliran keagamaan justru akan membuat orang semakin tunduk dan patuh, serta berbuat baik kepada sesama, khususnya dalam Islam. Jika orang semakin mendalami agama Islam, ia akan semakin mengerti dan faham serta menjalani hidup dengan damai bukan malah berbuat anarkis.


Allah SWT berfirman :


 إِنَّ اللّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيتَاء ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاء وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ


“Sesungguhnya Allah memerintahkan berbuat adil, ihsan dan memberikan nafkah kepada sanak kerabat. Dan Allah melarang semua bentuk perbuatan keji dan mungkar, serta tindakan melanggar batas. Allah mengingatkan kalian agar kalian mau mengambil pelajaran.” (QS. An Nahl: 90)


Jelaslah sudah bahwa orang yang mempunyai pemahaman ideologi agama yang kuat akan semakin berbuat baik terhadap sesama dan tidak menganiaya dirinya sendiri. Lalu yang menjadi pertanyaan besar adalah mengapa selama ini banyak terjadi kekerasan yang mengatas namakan agama ?, apalagi mengatas namakan Islam. Banyak kejadian sara seperti bentrok antara penganut agama serta pembakaran dan pemboman masjid dan gereja, apakah ini semua berasal dari pemahan agama yang kuat ?.


Jawabannya tentu tidak, seperti yang saya katakan tadi orang yang semakin kuat ideologi agamanya, tidak akan berbuat sara dan keji kepada siapapun. Orang-orang yang melakukan teror bom, kekerasan, dan tindakan anarkisme adalah orang yang pemahaman tentang agamanya dangkal dan tidak mengerti sama sekali hakikat kehidupan beragama, atau bisa juga anarkisme dalam kehidupan beragama selama ini dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yng tidak suka dengan Islam dan sengaja ada unsur kepentingan politik di dalamnya.


Islam adalah agama yang damai, agama fitrah manusia. Sudah saatnya kita merefresh otak kita agar kembali  meniru sunnah Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan beragama yang sudah banyak ditinggalkan. Hidup damai dalam keberagaman, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW di Madinah, semoga tulisan ini bermanfaat, Wallahu’alam.

31 comments:

  1. bener banget..orang2 yang jd teroris sebenernya dy pasti melajarin Islam cuma sekilas.. Salah tuh kalo jihat dengan bom bunuh diri.. wong bunuh diri aja dibenci oleh Alloh SWT.. dy malah bunuh diri dan berharap masuk surga, salah tuh..

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum..
    saya sependapat mas fajar,, formalitas itu diperlukan dalam beragama..
    untuk belajar islam secara komprehensif pun itu bukan hal mudah..
    butuh kesabaran dan keistiqomahan..
    sekedar share posting tentang tips tahapan mempelajari agama kita (islam)..
    baca http://muhinsankamil.blogspot.com/2011/05/stages-studied-islamic-religion.html ya mas fajar..
    ditunggu komentarnya.. :D

    ReplyDelete
  3. salam fajar..mama setuju islam ugama yang mengajar erti kebenaran, kesabaran ,ketulusan dan kedamaian..islam tak pernah mengajar umatnya bermusuhan biarpun berlainan pegangan ugama!! islam ugama yang mudah..tapi ada sesetengah orang yang menyukarkan nya..mama setuju orang yang dangkal dan tidak memahami erti sebenar hakikat berugama..thanks atas entry ini...semua kita semua akan dirahmati olih allah..amin ..

    ReplyDelete
  4. Kami sepakat dengan apa yang diulas oleh mas Fajar diatas. Memahami ayat-ayat Al Quran utamanya tentang jihad dan perang hendaknya teliti, cermat dan komprehensif. Jangan memahami ayat sepotong-sepotong. Mengetahui sebab turunnya ayat tersebut. Dalam konteks apa ayat tersebut diturunkan. Bila suatu ayat dipahami secara sempit dan sepotong-sepotong, maka yang terjadi adalah fatal. Semoga mereka yang mengikuti 'aliran garis keras' dapatnya menggunakan hati nuraninya yang paling dalam, berpikir jernih dan membuka wawasannya mau berdialog secara santun dengan para ahlinya utamanya tentang arti, makna dan maksud jihad dan etika perang menurut paham agama Islam.

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum Kang,
    ulasan yang mantab. Baginda Rasululloh SAW mampu mencetak generasi masa sahabat adalah generasi yang tangguh, berakhlak tinggi dan istiqomah menjalankan Al Qur'an maupun yang diajarkan Baginda Nabi, namun mereka sama sekali tidak melakukan kecerobohan, kekerasan dan anarkisme kecuali jika itu memang mengancam Islam.
    Nah radikalisme yang berkembang saat ini sudah sangat jauh dari harapan dan yang diajarkan Baginda Rasululloh. Saya setuju bahwa seharusnya ketika seseorang semakin mendalami Islam, maka dirinya akan memberikan banyak kemanfaatan bagi orang lain dan justru menebarkan kebaikan sebagaimana Sahabat- sahabat Rosululloh SAW yang mementingkan orang lain dan agama daripada kepentingan diri sendiri

    ReplyDelete
  6. :> Nila Baker :

    Iya anda benar, Islam mengajarkan kedamaian dalam melakukan jihadpun harus mempertimbangkan aspek tertentu, tidak hanya secara langsung meledakkan diri. jihad yang besar dalam Islam adalah jihad memerangi hawa nafsu (jihad an-nafs) dalam rangka membangun jiwa menuju akhlak yang mulia.. :)
    wallahu'alam.. salam.. :D


    :> Mas Insan Kamil :

    Wa'alaikumsalam.. Iya mas belajar Islam harus dimulai dari aqidahnya dulu, kalau keyakinan sudah kuat yg lain insyaAllah mudah, dan memahami islam yang kaffah itu butuh proses harus sabar & istiqomah..:)
    iya mas saya akan berkunjung kesana.. salam :D

    :> Mama Aini :

    Wa'alaikumsalam..
    Islam mengajarkan umatnya untuk bertoleransi dalam beragama, toleransi disini bukan dalam artian melebur menjadi satu mencampur adukkan aqidah, tetapi jika islam berada di atas, maka akan mengayomi umat yg lain, semoga kita selalu mendapat perlindunganNya.. Amien :)

    :> Mas Herdoni :

    saya setuju dengan mas, memang dalam memahami pedoman islam tidak boleh sepotong-potong, karena ini akan mendangkalkan arti yang sebenarnya luas, tetapi saya juga kurang setuju jika menyebut para saudara kita dengan 'aliran garis keras' karena kita adalah sama, saudara seagama, mungkin hanya pengajarannya yg salah.. :)
    salam.. :D

    :> Kang Djangan Pakies :

    Wa'alaikumsalam..

    Iya kang saatnya kita kembali lagi pada sunnah nabi kita, kita mulai dari kehidupan kita sehari2, walaupun saya juga masih bisa melakukannya secara real, semoga hidup kita selalu bermanfaat untuk semua.. Amien
    salam.. :D

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Sahabat....
    Kita kena kenalpasti punca kenapa jadinya teroris??? betulkah mereka hanya belajar agama secara sekilas?....macam mana pula dengan kekangan yang dibuat oleh pihak pemerintah terhadap golongan agama?? adakah ini tidak menyumbang kepada lahirnya teroris???...

    Maaf.... Awok gune Bahasa Malaysia....

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum, setuju saya sama postingan mas fajar,orang islam harus pelajari dengan bener ajaran islam jangan jadi islam keblinger..... bukankah Rasul sendiri tdak pernah mengajarkan kekerasan, terhadap musuhnya saja beliau tidak pernah bersifat keras & kasar

    ReplyDelete
  9. asalamualaikum. subhanallah broo. postingannya keren banget. yang berisi gini gw seneng banget. benar broo. islam ngak pernah ajarin kekerasan. kecuali membela diri. dan harus di tegaskan lagi islam agama yang damai.

    ReplyDelete
  10. postingannya bagus sekali, mas...
    iya itulah saya heran banget dgn paham yg dianut oleh para teroris.... apakah mereka berpegang pada kita suci Al-Quran....???? krn tak ada satu ayat pun yg membenarkan tindakan mereka.

    ReplyDelete
  11. :> D_08 :

    Wa'alaikumsalam sahabat..
    sebenarnya tidak ada istilah teroris di dunia ini, istilah ini sengaja ditimbulkan barat untuk mempojokkan Islam, dan lebih parahnya lagi kata "teroris" ini disebarluaskan kepada seluruh dunia bahwa ia adalah sesuatu yg berbahaya untuk kedamaian dunia. "teroris" disematkan kepada pejuang islam yang memerangi kebiadaban barat, anehnya istilah ini diterima oleh seluruh dunia. untuk saudara kita yang telah melakukan tidakan itu semua saya pikir mereka bukan hanya belajar agama secara sekilas tapi malah mengerti tentang agama, meskipun sebagian dari mereka hanya ikut2an, yang membuat mereka melakukan aksi selama ini adalah karena kerangka berfikir mereka yg menganggap dimanapun orang kafir & sekutunya berada harus dimusnahkan, ini semua yg membuat mereka melakukan tindakan anarkis.. untuk kekangan pemerintah saya rasa tidak ada kekangan pemerintah pada golongan agama, tapi kalau kekangan barat jelas ada & ini salah satu faktor munculnya gerakan ini semua.. Waalahu'alam.. salam :D

    :> Mas Arief :

    Wa'alaikumsalam..
    Anda benar mas.. Rasul sendiri tidak pernah mengajarkan kekerasan, apalagi terhadap musuhnya, yang beliau ajarkan adalah sikap tegas kepada orang yang menyerang & memusuhi agama kita, kalau tidak ada apa2 ya damai bahkan agama lain dilindungi oleh Islam seperti yang terjadi pada daulah islamiyah di Madinah. salam.. :D

    :> Mas Bayu :

    Wa'alaikumsalam..
    terima kasih mas.. Iya mas sekarang harus mulai ditegaskan lagi bahwa Islam adalah agama yang damai & membawa kedamaian biar islamphobia tidak semakin meluas.. :)
    salam.. :D

    :> Bu Hariyanti :

    Iya bu.. semuanya mendasar pada kerangka berpikir mereka aja, meskipun faham agama, kalau cara pandang & berpikir terpengaruh maka akan terjadi aksi2 yg selama ini kita lihat, saatnya kita hidup damai & tegas bu.. karena Islam bukan agama yang lembek dan anarkis tetapi agama yang mempunyai prinsip & pedoman yg jelas.. waallahu'alam :)
    salam.. :D

    ReplyDelete
  12. radikal saja sudah membuat tercengang
    apalagi sampai multi radikal
    makin besar ini gan
    Islam tidak mengajarkan kekerasan sedikitpun
    meski islam dikerasi namun ditindak lanjuti dengan kearifan

    ReplyDelete
  13. ziips.. saya setuju pak obat sakit 2011, memang itulah Islam agama yg damai.. :)
    thanks udah singgah pak.. salam :D

    ReplyDelete
  14. Islam itu rahmatan lil alamin...

    Sebenarnya kita kasihan sama saudara-saudara kita yang jadi korban kesalahan pengajaran dan juga karena salah pergaulan dalam arti salah pilih teman sehingga masuk ke dalam golongan-golongan yang salah pemahaman tentang jihad.
    semoga tak lagi banyak korban, sesusungguhnya saya tahu sendiri bagaimana mereka mencuci otak yang jernih menjadi keji. Na'uzdubillah...

    ReplyDelete
  15. assalamu'alaikum
    wah postingannya mantab gan mungkin teroris belajar agamanya cuma dibaca ga di hayati

    ReplyDelete
  16. wah topik berat nih..
    para teroris mlh njelek2in islam karna ulah radikal mereka
    hmm

    ReplyDelete
  17. radikalisme?? bukankah itu sama aja mencoreng nama islam di mata dunia????

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum....

    semua kembali kepada cara pandang dan pikir masing masing insan, islam itu indah dengan semua ajarannya.. ^__^

    barakalloh ^__^

    ReplyDelete
  19. :> Mbak Iffa :

    Na'udzubillah min dzalik mbak.. semoga kita semua terlindung dari golongan2 yg jauh dari ajaran Islam :)
    makasih udah singgah mbak..salam :D

    :> Warsito :

    Wa'alaikumsalam mas.. mungkin mas, semua tergantung pribadi masing-masing :D
    salam..

    :> Tukang Pamer :

    Iya mas.. saya agak dikit bingung juga.. hehe
    memang segala sesuatu dari kelakuannya mas, apalagi ada umat Islam yg melakukan tidakan keji, ntar yang kena ajaran Islamnya... viuuh
    thanks udah singgah mas.. :D

    :> Aina :

    Yups tentu mbak.. akibat perbuatan ini, banyak masyarakat mengalami islamphobia, akhirnya negara2 yang muslimnya masih minoritas mendapat dampak yang tidak menyenangkan, seperti gerak-gerik yg selalu diawasi, pelarangan jilbab, dan segala sesuatu yg memojokkan muslim.

    :> Mbak Yhantee :

    Wa'alaikumsalam...
    Iya mbak itu yang harus dibenahi kalau salah.. biar umat Islam tidak terkena imbas dari perbuatan orang2 yg tidak bertanggung jawab.. karena Islam itu sempurna pada semua ajarannya.. :)

    salam :D

    ReplyDelete
  20. Salam kenal mas..
    Menurut saya, memang tidak benar jika orang yang sudah kuat pemahaman agamanya, kuat memegang ideologi Islam bertindak anarkis. Islam memang tidak mengajarkan anarkis itu sendiri.
    NAmun, sebenarnya, apa yang terjadi akhir-akhir ini yang menimpa umat Islam, tidak lepas dari "skenario" Barat. Maka tidak mengherankan biasanya orang yang dikatakan teroris itu adalah orang Islam. Mereka berhasil mengahpus kata JIHAD dalam tubuh kaum muslimin. Kalau orang mendengar kata JIHAD, seolah-olah ia mengerikan dan Islam seolah-olah mengajarkan kekerasan. Padahal, tanpa dakwah dan jihad, Islam tidak akan pernah bangkit. Jadi kita harus berhati-hati menyikapi masalah ini.

    ReplyDelete
  21. Jika orang semakin mendalami agama Islam, ia akan semakin mengerti dan faham serta menjalani hidup dengan damai bukan malah berbuat anarkis.

    Islam adalah rahmatanlilalamin.

    Semoga kita menjadi orang yang bener2 bisa melaksanakan ajaran agama kita.

    ReplyDelete
  22. :> Shudai :

    Thanks Mas.. salam :)

    :> Belo.. :

    Ok Boss.. :D

    :> Mas Luqman :

    Saya sependapat dengan masukan dari mas, memang sekarang barat telah menyerang umat Islam dengan menyebar luaskan ideologi yang salah, sehingga umat Islam sendiri ragu akan agamanya. jihad & dakwah memang diperlukan dalam Islam karena dengannya Islam bisa berkembang, yg terpenting sekarang adalah memperbaiki ideologi yg salah.. dan meluruskan makna jihad & dakwah dalam Islam.. :)
    makasih atas masukannya mas.. salam :D

    :> Mas Ude :

    Iya mas.. Islam adalah agama rahmatan lil 'alamin.. jadi kita harus tetap bersatu padu :D

    salam mas.. :)

    ReplyDelete
  23. Radikalisme, Fundamentalisme, atau isme-isme yang lain, adalah istilah yang sengaja di sematkan pihak barat bagi umat Islam yang hanya bertujuan untuk menkotak kotakkan agama dan pandangan hidup Islami..

    ReplyDelete
  24. Anda benar Thalie.. umat islam adalah umat yang satu & terikat dalam jalinan ukhuwwah, penggolongan dalam islam hanya akan memecahkan belah umat..

    makasih udah singgah.. salam :D

    ReplyDelete
  25. bagaimana dengan mereka selalu merongrong umat Islam, mereka yang tidak ingin Islam ini tegak???

    but anyway, this's analisa yang mantap.

    ReplyDelete
  26. subhallah..
    semua satu suara..
    alangkah indahnya apabila masyarakat kita semua punya kesadaran seperti temen2..^_^

    ReplyDelete
  27. ada mksud lain dengan org2 yg mnyudutkan sebuah agama, padahal pelaku agama yg tertindas, saat mreka berontak dari ketertekanan itu mereka mlah dituduh reroris dsb.,

    ReplyDelete
  28. "Menguatnya pemahaman tentang ideologi aliran keagamaan justru akan membuat orang semakin tunduk dan patuh, serta berbuat baik kepada sesama, khususnya dalam Islam. Jika orang semakin mendalami agama Islam, ia akan semakin mengerti dan faham serta menjalani hidup dengan damai bukan malah berbuat anarkis."

    iya, betul. kalau dia bilang radikalisme agama memiliki arti seperti itu, seolah ia berkata, "jangan terlalu taat pada agama". toh taat ga taat tetap islam.

    aku juga ga suka mereka yg bertindak radikal mengatasnamakan agama. seolah mau mengkambing hitamkan kita!

    ReplyDelete
  29. :> Mas Nashrul :

    Untuk mereka yg selalu merongrong umat Islam & tidak ingin Islam tegak itu yg perlu kita jihadi mas.. yg pertama dilakukan adalah dengan dakwah dengan mau'idhoh hasanah dulu..

    :> Fharkhan :

    Iya Fharkhan untuk mewujudkannya perlu kesadaran setiap orang, hidup damai dengn tetap memegang prinsip Islam :)

    :> Muarra :

    Itulah inti masalahnya mas.. ada oknum yg tidak suka dengan Islam, orang yg membela agamanya dibilang teroris, akhirnya sebagian umat trauma & menggunakan jalan yg berbeda.. akhirnya timbullah tragedi2 yg kita lihat di negara kita sekarang ini..

    :> Ipah :

    Iya Ipah, kekerasan bukan bersumber dari agama, kedamaianlah akar dari agama, hidup dengan damai dengan tetap memegang prinsip agama itu yg kita perlukan..
    salam :)

    ReplyDelete