Sunday, 8 July 2012

Lezatnya Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi menyapa kita. Saatnya mempersiapkan diri untuk menyambut bulan seribu berkah ini. Salah satu kewajiban yang harus kita laksanakan adalah berpuasa, puasa bulan Ramadhan wajib hukumnya, jadi bukan seperti puasa sunah senin-kamis yang boleh tidak dilakukan. 
Perintah berpuasa dari Allah terdapat pada surat Al-Baqarah : 183, yang artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu semua bertaqwa."
Ibadah puasa sering disebut sebagai instrumen dan latihan bagi manusia untuk menunda kesenangan sesaat demi memperoleh kesenangan yang lebih abadi dan berjangka panjang.  Makna jangka pendek dan jangka panjang itu bisa berarti menunda kesenangan yang bersifat duniawi demi menggapai kesenangan yang bersifat ukhrawi. Kalau puasa dilakukan secara enjoy dan tanpa beban, insya Allah pasti dalam jangka panjang akan menang dan menemukan hkmah dibalik puasa itu.

Maka, kalau seharian kita berpuasa, sebenarnya kita sedang diuji kesabaran dan ketahanan kita, apa kita cukup sabar dan bertahan hingga maghrib, atau berbuka di tengah jalan. Kalau kita bersedia bertahan sampai maghrib, rasanya tentu akan nikmat sekali puasa hari itu. Apalagi, bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa, kenikmatan datang ketika tenggorokan yang kering dialiri oleh air putih, cukup sederhana tapi nikmatnya selangit.

Puasa juga sering disebut juga sebagai proses “pelepasan diri” dari kesibukan sehari-hari. Atau, upaya serius manusia untuk mengadakan “transedensi kedirian”, sambil mencoba mengambil jarak dengan kehidupan duniawi (hal-hal yang bersifat profan) agar bisa mengadakan penilaian ulang terhadap sepak terjangnya selama setahun berlalu. Dalam proses tresedensi itulah manusia bisa mengukur cahaya hatinya, apakah menjadi lebih halus dan jernih dalam melihat kehidupan, begitu pula sebaliknya.

Jadi, puasa itu bisa bermakna proses memanusiakan diri dan penyadaran terhadap hakikat kemanusiaan. Ibarat sabun, ia berfungsi untuk membersihkan pakaian yang kotor setekah setahun dipakai. Puasa dapat membersihkan hati dan menjernihkan pikiran. Perut harus dikosongkan dari makanan agar pikiran leih sehat bekerja. Sebab, kalau perut terlalu kenyang akan membuat cepat mengantuk dan tidak bisa berpikir dengan jernih.

Ada juga yang mengatakan bahwa puasa adalah olah rohani yang bersifat pribadi, saking pribadinya sehingga tidak ada yang mengetahui kecuali dirinya dan tuhan saja. Olah rohani itu bukan terletak pada rasa haus dan lapar dalam puasa itu, tetapi pada keikhlasan manusia untuk menahan diri dari rasa haus dan lapar itu. Meskipun sanggup menahan haus dan lapar, tetapi jika niatnya salah atau tidak ikhlas, tidak akan mendapat pahala.

Jadi bukan soal haus dan laparnya, tetapi kepada sikap batin kita dalam melaksanakan ibadah puasa itu. Disinilah kita bisa memahami mengapa misalnya, sebuah hadits menyebutkan bahwa apabila orang yang berpuasa itu tanpa sengaja memakan sesuatu makanan di hari puasa, puasa itu tidak batal. Itulah yang dimaksud dengan olah rohani tadi. Ini memang pembinaan sikap mental dalam memaknai ibadah puasa. Semoga kita semua bisa menunaikan ibadah puasa dengan baik. Wallahua'lam.

Semoga bermanfaat.

52 comments:

  1. Saya setuju dengan paragraf terakhir. Puasa bukan soal haus dan lapar, tapi dari sikap batin kita dalam menjalaninya.
    Tapi emang bulan Ramadhan itu istimewa, aku merasa saat bulan ramadhan ibadahnya lebih khusuk /tenang dari pada hari biasa. Apalagi, kita bisa silaturahmi dengan banyak orng saat sholat tarawih di Masjid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sambut ramadhan dengan hati yang lapang :)

      Delete
  2. Puasa adalah ibadah antara kita dan Allah. Kualitas puasa kita tak bisa dinilai oleh orang lain. Semoga kita mendapat keberkahan dari Ramadhan, sehingga yang kita dapat tidak sekedar lapar dan haus saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita semua bisa khusnul khatimah dalam menjalankan ibadah ini & mendapat keberkahan di bulan yang suci ini bunda.. :)

      Amiin..

      Delete
  3. Informasinya bagus Sob, semoga kita mendapatkan kelezatan beribadah pada bulan Ramadhan tahun ini...silakan berkunjung dan comment juga di blog Saya ya...Thanks

    ReplyDelete
  4. memang betul sobat, puasa banyak sekali manfaatnya
    terima kasih sobat

    ReplyDelete
  5. suasananya itu sangat adem jika tengah berpuasa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. adem di dalam hati mengalahkan panas di luar :D

      Delete
  6. Puasa adalah sebuah proses untuk kembali menuju kondisi fitrah kita. Semoga kita bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya Ramadhan kali ini.

    Met Ramadhan mas Fajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. semoga mas Akbar :)

      Met Ramadhan juga mas Akbar :D

      Delete
  7. stiap kali sukses puasa sharian, rasanya seneng bgt
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. moga nanti kita semua bisa lancar puasa ramadhannya :)

      Delete
  8. ibadah yang mendapatkan label wajib, tentu ada banyak keistimewaan bagi manusia dan kita yang melakukannya. Semoga kita dipertemukan dengan bulan yang penuh barokah ini. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin pak,, semoga kita semua bisa sempurna dalam melaksanakn ibadah di bulan ramadhan ini :D

      Delete
  9. semoga puasa tahun ini dapat dijalani dengan kebaikan-kebaikan..terima kasih atas catatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin... sama2 pak.. semoga bermanfaat :D

      Delete
  10. Berdesiran rasa di hati kurang beberapa hari lagi. Semoga kita berkesempatan dan dapat beribadah dengan baik. Aamiin....

    ReplyDelete
  11. bener gan, bulan puasa adalah tempat dimana kita harus introspeksi diri sendri selama 11 bulan ke belakang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita semua bisa mendapat berkahnya pak :D

      Delete
  12. wah lebih lezat lagi saat berbuka gan, hehehehehe. semoga dengan berblogging, membuat postingan bermanfaat, juga mendapat pahala yang lebih di bulan puasa ini. amien

    ReplyDelete
  13. selamat menjalankan ibadah puasa.. Semoga kita menjadi orang-orang yang "terpilih" untuk mendapatkan pahala yang lebih banyak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. terima kasih mbak Titiw, kiriman bukunya sudah sampai :)

      Delete
  14. nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete
  15. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
  16. Selamat hari lebaran mas...mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  17. Berbagi kata kata motivasi mas broo,
    h dari mereka di atasmu. Nikmati hidup bersama mereka di sampingmu. Jangan remehkan mereka di bawahmu.
    semoga bermanfaat salam kenal dan sukses selalu ya :D

    ReplyDelete
  18. berkunjung baca2 artikel bagus n menarik di sini... salam knal ya mas :D

    ReplyDelete
  19. izin nyimak sambil nunggu posting baru.. hik's

    ReplyDelete
  20. wah wahhhhhhhh..... luar bisa sekali bang..heheee numpang lewat

    ReplyDelete
  21. memang puasa itu bulan yang nikmat dan penuh barokah sob..

    ReplyDelete
  22. jadi ga sabaran mau menyambut bulan puasa lagi deh.

    ReplyDelete
  23. wah lebih lezat lagi saat berbuka gan, hehehehehe. semoga dengan berblogging, membuat postingan bermanfaat, juga mendapat pahala yang lebih di bulan puasa ini. amien

    ReplyDelete