Friday 21 October 2011

Hujan Dan Sebuah Kesyukuran

Assalamu’alaikum Wr Wb


Alhamdulillah.. akhirnya siang ini kota Ponorogo diguyur hujan deras walaupun hanya sekitar 20 menit saja, tapi itu sudah cukup untuk meredam tanah dan tanaman yang selama ini menangis kehausan. Padahal cuaca dari pagi masih cerah dan masih sangat panas ketika selesai menuanaikan shalat jum’at.

Hujan memang suatu fenomena alam yang kedatangannya dinanti bahkan bisa jadi dibenci. Dinanti ketika hujan pertanda berakhirnya musim kemarau panjang yang membawa kerugian yang besar bagi para petani dan dibenci ketika hujan menimbulkan banjir.

Hujan adalah karunia dari Illahi yang diberikan kepada makhluk hidup di bumi untuk terus melanjutkan siklus kehidupannya. Dengan hujan tanah yang tandus menjadi subur dan tumbuh berbagai macam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan oleh mahluk hidup.


Allah SWT berfirman dalam surah Al-A`raf ayat 57 : "Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira, mendahului kedatangan rahmatNya (hujan), sehingga apabila angin membawa awan mendung, Kami halau ke satu daerah yang tandus, lalu kami turunkan hujan kedaerah itu. Kemudian kami tumbuhakan dengan hujan itu belbagai macam buah-buahan.Seperti itu kami bangkitkan orang yang telah mati, mudah-mudah kamu mengambil pelajaran".

Begitu besar nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita lewat hujan, untuk itu kita tidak boleh mengeluh. Untuk masalah banjir yang biasa terjadi disaat musim hujan itu semua kesalahan manusia sendiri. Banyak orang yang membuang sampah di sungai, melakukan penebangan pohon secara terus-menerus tanpa melakukan reboisasi, kurang tepatnya penataan bangunan di kota-kota besar, dan seabrek kesalahan manusia lainnya yang bisa menyebabkan banjir.

Untuk itu mari kita memperbaiki cara hidup kita dengan sesama memperhatikan kesejahteraan alam, banyak menanam pohon dan membuang sampah pada tempatnya adalah langkah kecil untuk memulai hidup yang sehat dan terhindar dari amukan alam.

Hidup yang yang sejahtera adalah hidup yang seimbang dengan alam. Back to nature..


Salam
Hujan menyirami rerumputan yang kering
SubhanaAllah..


12 comments:

  1. Alhamdulillah. . . .
    Lumayan ya mas, meskipun sebentar

    ReplyDelete
  2. syukur ahamdulillah...
    jadi kangen bau tanah sehabis hujan nih :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ... terasa sejuk ya...

    ReplyDelete
  4. :> Mbak Tarry :

    Iya mbak.. daripada hari2 kemarin.. panass.. :)

    :> Mbak Narti :

    Alhamdulillah.. iya mbak bau tanah yg khas buat kangen semua orang.. :D

    :> Bu Hariyanti :

    Alhamdulillah bu.. :)

    ReplyDelete
  5. iyah kalo hujan gitu asik. apa lagi kalo panas udha ngak ketulungan. trus bau rumput. hmmm asikk bau rumput. alhamdulillah

    ReplyDelete
  6. iya saya bersyukur banget akhir2 ini hujan kembali mengguyur kota saya setelah beberapa buan yang lalu tidak pernah hujan dan selalu diselimuti kabut. tapi udah 2 minggu ini hujan selalu mampir setiap hari.... :)

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah...udah hujan, la di surabaya malah blm, panas banget, tapi ttp bersyukur..., yg penting adem ayem di hati..hehheh^_^

    ReplyDelete
  8. :> Mas Bayu :

    Alhamdulillah Mas.. bau tanah basah & rumput.. itu yg membuat hati tentram.. hehe :)

    :> Fairysha :

    Alhamdulillah mbak.. moga aja para petani berhasil panennya.. :)

    :> Mbak Tiwi :

    Alhamdulillah.. hehe.. iya mbak :)
    moga di Surabaya cepat hujan. biar adem ayemnya luar dalam :D

    ReplyDelete
  9. ko' kalau di jakarta udah ujan terus iia??!??!

    ReplyDelete
  10. kalau jakarta hujan terus kasihan warganya mas.. bisa pulang kampung semua ntar.. ckckck

    ReplyDelete
  11. alhamdulilah banget ya ponorogo sudah mulai hujan. di sini masih kering dan panas.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah mas.. yg sabar mas.. pst bentar lg ketularan koq.. hehe

    salam :)

    ReplyDelete