Sunday 23 October 2011

Nikmatnya Sakit


Assalamu'alaikum Wr Wb

Sudah tiga hari ini saya merasa ada yang tidak beres dengan tubuh ini. Dimulai dari bangun jam tiga pagi, tubuh terasa berat dan  wajah agak demam sedikit. Walhasil, mau bangun pagi pun harus tertunda, terkapar di tempat tidur sampai azan shubuh berkumandang.

Sakit itu sungguh tidak enak, karena mau kemana-mana tubuh terasa berat, apalagi kalau waktu makan, pasti mulut yang berontak. Tetapi, ada suatu hal yang bisa dinikmati ketika rasa sakit ini datang menyerang, yaitu rasa bersalah dan menyadari kekurangan yang dilakukan selama masa sehat, sehingga timbul niat untuk kembali berbuat hal yang lebih baik lagi setelah sembuh nanti.


Sakit itu datangnya tidak bisa ditebak, apalagi dicegah. Setiap orang pasti sewaktu-waktu bisa mengalami sakit (entah itu sakit hati atau sakit jasmani). Meskipun sudah melakukan segala upaya untuk terihindar dari sakit, tetapi ini seperti memang sudah menjadi sunnatullah. Setiap manusia pasti akan merasakannya.

Apa hikmah di balik peristiwa sakit itu ?

Allah SWT tidak memberikan untuk hambaNya sesuatu di dunia ini tanpa ada hikmah yang menyertainya, baik itu musibah ataupun kesenangan. Sakit adalah suatu yang amat menyiksa bagi penderitanya, tetapi karena sakit itu ada banyak hal yang bisa menjadi pelajaran untuk melakukan hidup yang lebih baik lagi.

Rasulullah SAW, bersabda :

"Tiada seorang mukmin yang mengalami kesusahan terus-menerus, kepayahan, penyakit dan juga kesedihan, bahkan sampai kepada kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan hal itu dosa-dosanya." (HR. Muslim 4/1993)

"Tiadalah seorang muslim tertusuk duri atau yang lebih dari sekedar itu, melainkan ditetapkan baginya karena hal itu satu derajat dan menghapus pula satu kesalahan karena hal itu." (HR. Muslim 4/1991)

Begitu besar kasih sayang Allah SWT kepada hambanya, sehingga dibalik sakitpun ada hikmah yang begitu agung seperti yang tercantum dalam dua hadis di atas. Selain itu hikmah sakit tidak hanya di berikan kepada penderitanya, tetapi juga kepada orang yang mengashi orang yang sedang sakit.

Rasulullah SAW, bersabda :

"Tiada seorang muslim pun membesuk orang muslim yang sedang sakit pada pagi hari kecuali ada 70.000 malaikat bershalawat kepadanya hingga sore hari, dan apabila ia menjenguk pada sore harinya mereka akan shalawat kepadanya hingga pagi hari, dan akan diberikan kepadanya sebuah taman di surga" (HR. Tirmidzi, No. 969)

Untuk itu, mari kita semua selalu bersyukur ketika sakit datang menghampiri, walupun rasa sakit atas penyakit yang kita derita itu pasti ada. Dan bagi orang yang masih diberi kesehatan oleh Allah SWT, agar lebih menjaga amanat kesehatan itu dan saling mengasihi orang-orang yang sedang sakit. Wallahu a’lam.

Salam.

* Hanya sebuah catatan kecil untuk menghibur diri. Dan untuk renungan bersama..

10 comments:

  1. ketok pintu dulu ah..

    Assalamu'alaikum..

    ReplyDelete
  2. dalam sebuah sakit ada pahala jika kita mau sabar nrimo segala ketetapan-NYA... semoga cepat sembuh ya mas..

    ReplyDelete
  3. Wa'alaikum salam..
    makasih atas udah jenguk jauh2 dari jember mas.., bawa oleh2 tape madu ya.. hehe

    Amien mas..semoga mas juga diberi kesehatan olehNya.. Amien
    salam :)

    ReplyDelete
  4. jika kita jalani dengan sabar dan ikhlas.... Insya Allah dosa2 dihapuskan. Semoga cepat sembuh ya....dan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT

    ReplyDelete
  5. Amien Bu.. makasih doanya bu.. moga Ibu sekeluarga diberi kesehatan selalu olehNya.. :)

    ReplyDelete
  6. Syafakalloh, sahabat...
    terima kasih juga, tulisannya sudah mengingatkan saya :-)
    salam silaturahim..

    ReplyDelete
  7. Amien.. jazakillah khair, teman.. :)
    sama2 saya juga masih belajar.. salam.. :D

    ReplyDelete
  8. assalamualaikum fajar..semuga fajar cepat sembuh..thanks share info2 begini dientry fajar..sangat cantik kelinci itu !!..masa mama kebandung banyak kelinci dijual disana..

    ReplyDelete
  9. Sakit itu penggugur dosa2 kecil. Semoga sekarang dah sehat kembali.

    ReplyDelete
  10. :> Mama Aini :

    Wa'alaikumsalam mama Aini.. Amien, makasih atas doannya ma.. moga sll diberi kesehatan juga.. :)
    hehe.. kelinci itu hewan kesukaan saya.. :D

    :> Nanang:

    Amien.. maskasih atas doanya mas.. salam :D

    ReplyDelete