Monday 26 December 2011

Tebar Cinta dengan Senyuman



Assalamu'alaikum Wr Wb

Senyuman adalah sesuatu yang mudah dilakukan manusia dan memiliki nilai yang tak bisa terhitung. Dengan senyuman setiap hati yang kaku akan terasa luluh tak berdaya, dan ikut dalam irama sebuah senyuman. Maka tak heran jika senyuman adalah merupakan sedekah yang termudah dilakukan manusia dan merupakan sesuatu yang terindah di dunia ini. 

Bisa dibayangkan, jika kita mengawali hari dengan menebar senyuman kepada setiap orang yang kita cintai, dimulai dari keluarga, tetangga, teman-teman, dan orang-orang disekitar kita. Maka berapa banyak kebaikan yang kita sebarkan ?, karena dengan senyuman kita telah menggerakkan hati mereka untuk senang, dan rasa senang itu membawa dampak yang positif dalam perilaku mereka di hari itu juga.

Senyum yang tulus dari hati akan membawa kebaikan dan manfaat yang besar untuk semua manusia. Senyum yang tidak tercemar oleh nafsu yang tersembunyi didalamnya, seperti senyum yang kebanyakan kita lihat di pentas panggung sandiwara ini. Sebuah senyuman yang membawa “misi” tertentu, misalnya:
  • Senyum buaya : senyum palsu, senyum yang bermaksud jahat.
  • Senyum hampa : senyum yang lahir dari hati yang kecewa.
  • Senyum kambing : senyum mengejek, senyum yang sengaja mencemoohkan.
  • Senyum tawar : senyum yang dibuat-buat (ketika kecewa dan sedih).

Berbagai variasi senyum itu biasa timbul karena berbagai faktor dikehidupan kita. Lingkungan yang selalu membuat hati kita merasa tidak tentram karena berbagai informasi tentang kekerasan yang akhir-akhir ini marak terjadi adalah salah satunya.

Cukuplah  memakai senyum yang tulus untuk menghiasi kehidupan kita, tanpa menggunakan variasi senyum palsu seperti yang tertulis diatas. Karena senyum yang tulus dari hati meskipun kita dalam keadaan sedih dan kecewa akan mendatangkan kebaikan untuk semua karena akan memancarkan cahaya hati dan karisma diri kita.

Kapan kita akan mengakhiri segala kesusahan dan kekecewaan dalam hidup ?, kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri. Memulai langkah pertama dengan senyuman dan sifat optimis.

Tersenyum mampu mendekatkan perasaan dan menumbuhkan ikatan kasih sayang yang mengeratkan hubungan hati. Bukan sekedar hubungan dan ikatan secara keturunan atau materi, tetapi ikatan dan hubungan persaudaran yang berlandaskan iman. Tersenyumlah, dan awali setiap hari dengan senyuman karena senyum memiliki banyak manfaat. Wallahu’alam.

Salam.

13 comments:

  1. Terima kasih mas Batik :)

    Batiknya juga bagus :D

    ReplyDelete
  2. selesai baca ini Nay langsung senyum ^__^

    Nay suka senyum, bikin muke tambah keren...uhuiii :D

    ReplyDelete
  3. :> AUL :

    Smile.... :)

    :> NAY :

    Asal jangan senyum2 sendiri.. ntar dikira.. :)
    hehe.. :D

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum fajar..banyak makna disebalik suatu senyum itu ya !!.. :)

    ReplyDelete
  5. wa'alaikumsalm Mama.. :)

    senyum yg tulus memang membawa keberkahan untuk semua :D
    salam...

    ReplyDelete
  6. Senyuman dari hati jatuh ke hati :D

    ReplyDelete
  7. hehe.. dengan senyuman, dua hati bisa terhubung ^_^

    ReplyDelete
  8. asal jangan senyum2 sendiri ya kak? hehee

    ReplyDelete
  9. hehe.. iya bu :)
    senyum yang tau tempat dan keadaan,
    yang penting senyum ikhlas :)

    ReplyDelete