Tuesday, 17 January 2012

#OBLONGMERAHMUDA


        Assalamu’alaikum Wr Wb
Sudah berlalu dua minggu lalu ternyata ketika saya mengikuti acara yang diadakan oleh komunitas blogger malang. Acara yang berlangsung selama dua hari itu diadakan untuk memperingati ulang tahun blogger malang yang ke-4. Hari pertama timing acara untuk seminar full dari pagi sampai sore hari, dan hari kedua full hanya untuk jalan-jalan kota malang.
Tema acara ini adalah #OBLONGMERAHMUDA (Obrolan Blogger Ngalam Mengenang Sejarah Memajukan Budaya). Diawali dengan mengadakan lomba blog wisata sejarah, yang boleh dikuti dari daerah mana saja tidak keresidenan Malang semata. Dan mungkin karena mencoba ikut lomba itulah saya mendapat undangan via email dari blogger malang untuk menghadiri acara, seluruh biaya makan, penginapan, transportasi selama dua hari gratis semua (kecuali ongkos PP dari daerah masing-masing hehe).

Dengan modal nekat, berangkat ke Malang sendiri dengan sebuah keyakinan, bukan keyakinan untuk memenangkan lomba tetapi keyakinan bahwa disana nanti akan mendapat suatu pengalaman baru dan teman-teman yang baru pula. Maklum saya masih baru di dunia blogger, baru buat blog pun baru beberapa bulan lalu, belum mengenal komunitas ataupun sering ikut dalam setiap acara yang diadakan oleh komunitas-komunitas blogger yang ada.
Ada yang menarik ketika sudah sampai ditempat penginapan. Kebanyakan peserta yang datang adalah dari undangan komunitas blogger dari berbagai daerah, untuk peserta lomba sendiri yang menginap Cuma dua orang, saya dan satu teman baru dari solo. Meskipun begitu berbaur dengan berbagai komunitas yang ada telah  memperluas wawasan dan memperbanyak teman-teman dari blogger.

Hari pertama seminar tentang sejarah dan pemanfaatan teknologi untuk melestarikan budaya, pembicara pertama adalah pak Dwi Cahyono, beliau adalah penggagas Malang Tempo Dulu, kemudian disusul oleh Pak Ovan Tobing, Rokers sejati sekaligus penggerak aremania, kemudian dilanjutkan oleh tim dari XL tentang kontribusinya dalam mendukung budaya lokal. Pada sesi ini kedua pakar tersebut menjelaskan dan mengomentari perkembangan pembangunan kota malang dari zaman dulu sampai zaman sekarang, serta menanamkan pada peserta agar mencintai dan melestarikan budaya dan sejarah didaerahnya masing-masing.
Obrolan pun terus berlangsung, kali ini adalah tentang pentingnya sebuah identitas sebagai blogger indonesia, menggunakan nama domain Indonesia adalah bagian dari menyebarkan budaya Indonesia dan bangga terhadap identitas negeri sendiri. Kemudian ada Pak Farid Gaban (blogger yang telah menjelajahi  daerah nusantara), Pamantyo, Mbak Dhemy Larasati (kapanlagi.com), Pak Zam, Mas Ferdhie, dan Haqqi (mewakili Mozilla).

Pada malam hari pertama ada sarasehan, berkumpul dan berbincang tentang perkembangan dunia blogging dari berbagai daerah. yang menambah kehangatan suasana adalah dengan hadirnya nasi tumpeng ditengah ruangan. Para blogger memperkenalkan dirinya dan perkembangan daerahnya masing-masing.

Haril kedua waktunya jalan-jalan, dimulai dari restoran Inggil para peserta dipandu dengan Pak Dwi Cahyono dan beberapa guide berjalan kaki menyusuri jalan-jalan malang dengan pemandangan rumah tua, gedung bersejarah, dan tentunya bangunan-bangunan yang masih terpakai dan masih dipertahankan  arsitektur aslinya sampai sekarang. Setelah sampai di alun-alun kota Malang, kemudian dilanjutkan mengunjungi museum Brawijaya.

Dan yang terakhir inilah acara yang paling ditunggu setelah seharian jalan kaki, yaitu makan-makan. Kami semua dari peserta sampai panitia ishoma di resto Inggil. Menikmati hidangan makan siang dengan diiringi iringan musik gamelan dan tarian adat jawa.
Acara pun berakhir dengan menyisakan berjuta kenangan. Terima kasih blogger malang, terima kasih teman-teman blogger nusantara.
Salam.

16 comments:

  1. kalau sudah begini...ikut menyemangati dan juga ikut tentunya..HIDUP Blogger!!!! ...^__^

    ReplyDelete
  2. @Arya Kamandanuhehe iya mas Arya. yang tadinya malas2an ngeblog jadi semangat.. salam blogger :D

    ReplyDelete
  3. wahh...keliatannya seru ya sob...
    happy blogging ya !

    ReplyDelete
  4. fotonya yg diatas gak jelas bro...salam kenal

    ReplyDelete
  5. aku mendukung pelestarian budaya gan
    apalagi kalau ada acara wayang, ludruk dan ketoprak wah bikin hati senang

    ReplyDelete
  6. Menarik banget nih bang infonya..sipp

    ReplyDelete
  7. berkunjung kemari sobaattt
    wuih kereeeenn

    ReplyDelete
  8. @Obat Sakit 2011hehe.. iya pak, meskipun sebagian orang sudah larut dalam budaya modern, kita tetap harus melestarikan budaya leluhur kita :)

    salam.

    ReplyDelete
  9. @ICAH BAJARMASINok bang.. kalau di banjarmasin gimana kabarnya :D

    ReplyDelete
  10. @evanzip
    Salam juga mas.. makasih udah mampir :D

    ReplyDelete
  11. Info yang mantap, moga moga aja nih, dengan adanya kumpul bareng sesama blogger bisa makin keren and mantap blognya...terus berkreasi salam blogger dari lampung....

    ReplyDelete
  12. @EFA
    Amien.. semoga mas.. dan yang paling penting adalah misi untuk menyebarkan budaya daerah masing2 melalui blogging :D

    Salam.

    ReplyDelete