Wednesday, 27 February 2013

Jangan Lewatkan Festival Bau Nyale Lombok 2013

www.indonesia.travel


Indonesia telah terkenal dengan keragaman budaya dan tradisinya yang khas. Nusantara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke menyimpan berbagai ragam aset yang tak terhitung jumlahnya. Setiap daerah mempunyai tradisi dan adat yang berbeda-beda, dan dengan keragaman ini semua akan tercipta Indonesia yang indah, cantik, dan mempesona yang bersemboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya meskipun berbeda-beda tetap satu jua.

Salah satu daerah yang terkenal akan keindahan panoramanya dan kekentalan tradisinya adalah Pulau Lombok. Pulau Lombok tidak hanya terkenal akan keindahan pantainya, tetapi juga tradisi pembuatan kain tenun yang khas dan menarik.

Dan setiap tahunnya, Pulau Lombok akan merayakan tradisi Bau Nyale, yakni kebiasaan menangkap cacing laut. Tahun ini, festival akan berkosentrasi pada akhir Bau Nyale atau Bau Nyale Poto daripada masa awal Bau Nyale atau Bau Nyale Tunggak yang umumnya terjadi pada akhir Januari. Festival nantinya terpusat di Pantai Kuta di area Loteng.

Dalam Bahasa Lombok, Bau berarti menangkap. Dan, Nyale adalah tipe cacing laut yang muncul biasanya sekitar Januari hingga Maret. Festival ini digelar tiap tahun pada hari ke-20, bulan ke-10, dalam kalender suku Sasak. Selain festival menangkap cacing laut, beragam kegiatan turut diselenggarakan.

Tradisi Bau Nyale bisa mempererat persatuan warga Pulau Lombok, karena mereka dari pagi sampai larut malam beramai-ramai mencari cacing laut di pantai dengan menggunakan jaring seadanya. Kegiatan masal ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal, maupun asing. Semua berbaur menjadi satu dalam suasana suka ria menangkap cacing laut.

Selain untuk tempat melepaskan penat, Pulau Lombok juga bisa sebagai tempat belajar tentang kebudayaan, karena banyak kebudayaan Pulau Lombok yang harus kita gali dan kita rasakan langsung dari sumbernya, seperti belajar membuat kain tenun Pulau Lombok misalnya. Jadi, tidak ada salahnya bukan jika Lombok menjadi salah satu daftar tempat favorit anda.

Semoga bermanfaat. J

11 comments:

  1. wah nyale ... pernah nonton liputan acara seperti ini di tipi, udah lama banget sih, geliii :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acaranya rame & seru.. tapi cacingnya bergizi g' ya :D

      Delete
  2. saya pernah melihat juga liputannya di tivi sob, unik banget yah, kalo deket sih pengin ikutan hehe..

    ReplyDelete
  3. Pasti rame banget ya mas, sayang jauh banget hehehe...

    ReplyDelete
  4. Tradisi yang unik dan menarik khas Indonesia.

    ReplyDelete
  5. iya ntar mau ikutan bau nyalenya, pasti seru bgt dehh :D

    ReplyDelete
  6. Aku orang lombok tapi koq gk pernah ikutan bau nyale ya,... hadeehh

    ReplyDelete