Thursday, 28 February 2013

Merindukan Paras Cantik Taj Mahal


mapsofworld.com

Siapa yang tak kenal dengan keindahan dan paras cantik Taj Mahal. Bangunan yang jika dilihat dari jauh Taj Mahal yang terletak di tebing sungai Yamuna, Agra, India, merupakan makam yang dibangun oleh raja Syah Jahan (1614-1666) sebagai monumen untuk Mumtaz Mahal, istrinya yang ketiga. Pembangunannya dimulai pada tahun 1632 dan berdiri pada 1648. Taj Mahal merupakan contoh terbaik seni bangunan kerajaan Mughal yang menggabungkan seni bangunan Persia, Turki, India, dan gaya seni bangunan Islam. Arsitek utama seni bangunan ini adalah Ustaz Ahmad Lahauri.

Taj  Mahal merupakan sebuah kompleks terpadu yang merangkum bagian makam, dewan, taman rekreasi, masjid, menara peninjau, dll. Pada 1983, UNESCO telah menetapkan Taj Mahal sebagai warisan dunia yang perlu dilindungi. Bangunan ini dijuluki “Permata seni bangunan Islam”.

Pada 1631, Shah Jahan raja semasa puncak keagungan Dinasti Mughal dilanda kesedihan karena istri ketiganya, Mumtaz mahal, meninggal. Sang istri akibat melahirkan anak ke-14 mereka, Gauhara Begum. Pembangunan Taj Mahal dimulai pada 1632, setahun setelah kematiannya. Pusara utama berdiri  pada 1648 dan bangunan sekelilingnya berdiri lima tahun kemudian.

Bila bangunan Mughal awal biasanya dibangun dari batu pasir merah, Shah Jahan menganjurkan menggunakan marmer putih yang dihias dengan batu separa bernilai. Ustaz Ahmad mengumpulkan 20 ribu orang pekerja yang terdiri atas tukang batu, tukang emas, dan pengukir yang termasyhur dari seluruh dunia. Sebanyak 43 jenis batu permata, termasuk berlian, giok, kristal, topaz, dan nilam digunakan.

Kopleks Taj Mahal dilengkapi dengan taman rekreasi seluas 90 ribu meter persegi dengan lorong-lorong berhiaskan bunga. Empat makan di Taj Mahal didesain melambangkan empat sungai utama di India yang mengalir dari surga. Pembangunan Taj Mahal memakan waktu 22 tahun.

Ayat menjadi Al-Qur’an menjadi hiasan utama Taj Mahal. Huruf khat Tsulutsi menjadi huruf khat utama. Juru jhat bernama Amant Khan dibawa dari Parsi. Adapun surat-surat Al-Qur’an yang  menjadi hiasan adalah surat Asy-Syams (91), Al-Ikhlas (112), Al-Fajr (89), Adh-Dhuha (93), At-Tin (95), Al-Insyirah (94), Yasin (36), At-Takwir (81), Al-Infithar (82), Al-Insyiqaq (84), Al-Bayyinah (98), Al-Mulk (67), Al-Fath (48), Al-Mursalat (77), dan Az-Zumar (39).

Semoga bermanfaat :)

10 comments:

  1. Simple, tapi membuat perkenalan yang jelas antara saya dengan bangunan ini. Dari dulu sudah dengar dan lihat, tapi belum pernah baca tentang sejarahnya nih, hehehe...

    Salam WeBe, salam kenal dari Sragen :)

    ReplyDelete
  2. Subhanallah, pengen kesana deh *kapan2, entah kapan* heheh

    salam kenal Mas :)

    ReplyDelete
  3. wah keren banget ya mas, semoga suatu saat bisa kesampaian kesana

    ReplyDelete
  4. bilalah mama bolih sampai kesana.. ;) indah & unik bangunannya..

    ReplyDelete