Wednesday 28 December 2011

Perubahan Nominal Tanpa “Nilai” ?


Assalamu’alaikum Wr Wb


Hari-hari ini adalah detik-detik terakhir pergantian tahun, angka 2011 akan berubah menjadi angka 2012. Merubah dua angka terakhir, dari 11 menjadi 12. Dan mungkin seterusnya akan bertambah dan meningkat nominalnya seiring dengan  berjalanannya waktu, atau mungkin akan berhenti di angka tertentu ???, tidak ada yang tahu kapan itu akan terjadi.

Moment perubahan ini bersifat pasti, dan akan berjalan terus menerus. Lalu apakah kita sebagai manusia kalah dengan perubahan si “tahun” ini? Kalau dipikirkan ia selalu berubah “namanya”menuju tingkat yang lebih tinggi, 2011, 2012, 2013, dan seterusnya. walaupun keadaannya bisa malah lebih baik atau lebih buruk. Ini wajar, karena keadaan si “tahun” tergantung kepada apa yang dilakukan manusia, yang selalu diliputi hawa nafsu.

Manusia sebagai mahkluk tertinggi derajatnya  di dunia ini, karena ia mempunyai akal pikiran sekaligus nafsu, memang diuji dengan berbagai masalah dan tantangan yang harus disikapi secara baik dan benar. Dalam menghadapi setiap masalah tidak boleh mengedepankan nafsu saja, tetapi harus diimbangi dengan peranan akal dan juga hati nurani. Agar setiap permasalahan yang kompleks dan terus menerus berdatangan dalam hidup bisa terselesaikan dengan baik.

Jika berlaku sebaliknya, yaitu hanya mengandalkan nafsu dalam mengahadapi segala hal yang datang dalam kehidupan. Sudah bisa dipastikan, segala apa yang diusahakannya akan berakhir sia-sia, kering tanpa ada nilai yang terkandung didalamnya.

Untuk itu, kita sebagai makhluk yang sempurna didunia ini, harus menggunakan hati nurani dan akal pikiran secara selaras. Tanpa berpihak dan mengunggulkan salah satu dari mereka. Jika ada keseimbangan, bisa dipastikan segala apa yang dilakukan manusia akan baik dan sesuai, dan akan mempengaruhi kemajuan peradaban dimasa kehidupannya. Bukankah kemajuan suatu umat tergantung pada perbuatan mereka sendiri ?

Jika kita tidak mau kalah dengan peningkatan si “tahun” setiap tahunnya, maka kita sekarang harus berbuat lebih baik. Melakukan segala sesuatu yang sesuai dengan hati nurani dan akal pikiran kita agar terjadi perubahan yang lebih baik disetiap waktunya. Karena perubahan nama “tahun” tidaklah penting kalau tidak ada perubahan kehidupan yang lebih baik didalamnya.
Dan untuk mencapai perubahan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas peradaban itu dimulai dari apa yang kita lakukan sekarang. Wallahua’lam.

Salam.

No comments:

Post a Comment