Sunday 13 May 2012

Ruqyah : Mengenal dan Mengobati Gangguan Jin Sesuai Syariat Islam

Buku Ruqyah

Sekarang banyak acara TV yang menampilkan tentang dunia lain atau juga bisa disebut alam ghaib. Acara tersebut ada yang malah mengikis iman kita kepada Allah SWT, tetapi ada juga yang orientasinya untuk menambah keimanan kita dengan Sang Pencipta.

Terlepas dari itu semua, dunia ghaib memang ada dan jin itu memang benar-benar ada di sekitar kita. Ada jin yang muslim serta kafir, baik dan buruk, serta taat dan patuh kepada perintah Allah dan ada juga yang malah bersifat sebaliknya.

Jin-jin yang biasa mengganggu ketentraman hidup manusia adalah jin kafir, yang orientasinya dari semenjak Nabi Adam as dulu menjerumuskan umat manusia ke dalam neraka. Mereka sering mengganggu kehidupan kita dikala kita sedang lalai. Contohnya, banyak orang yang tiba-tiba kesurupan dan berteriak histeris.

Islam mengajarkan pemeluknya untuk mempercayai alam ghaib. Bagian dari alam ghaib itu adalah jin, yang sebagian dari mereka sering kali mengganggu kehidupan manusia. Gangguan itu mulai dari merasuk ke dalam tubuh manusia, meniupkan perasaan was-was dan gundah gulana dan bentuk gangguan lain, baik fisik maupun psikis.

Parahnya sering kali dari kita tidak merasa tengah diserang oleh jin. Sakit fisik maupun psikis sering kali dianggap sebagai hal yang terjadi dengan sendirinya. Ditambah lagi, manusia tidak bisa melihat wujud jin-makhluk yang menyerangnya. Apa saja bentuk gangguan tersebut ? bagaimana mendeteksi adanya gangguan jin ? bagaimana cara mengatasinya ?

Kehadiran buku ini sangat membantu untuk menjawab pertanyaan itu semua. Ditulis oleh ulama Mesir yang dikenal sebagai pakar alam ghaib, Syaikh Wahid Abdussalam Bali. Dengan judul asli “Wiqoyatul Insan Minal Jin Wa As-Syaiton”, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ust. Suwedi MA. Hasibuan dengan judul “Ruqyah” setebal 465 halaman, penerbit PT. Aqwam Media Profetika.

Buku ini membeberkan segala sesuatu tentang jin, mulai dari asal-usul, tempat tinggal, makanan kesukaannya, cara mereka menyerang manusia, hingga kondisi apa saja yang membuat manusia rawan diserang oleh jin.

Buku Ruqyah 
Dalam buku ini, Syaikh Wahid menjawab dan menepis pandangan-pandangan keliru dari sebagian kelompok sesat yang menafikan keberadaan jin dalam tubuh manusia, dan berbicara melalui lisan manusia dan mengiring orang yang dirasukinya sesuai dengan kehendaknya.

Buku dan penulisnya ini diperindah dan dipoles lagi oleh sebuah penerbit shalafi. Dengan hanya menampilkan hadits-hadits shahih dan hasan saja, disertai dengan “takhrij”nya yang merujuk kepada sumber asli da pentakhrijnya, serta membuang hadits-hadits yang dhoif dan batil. Sehingga, para pembaca dan penelaah serta orang-orang yang ingin mengambil manfaat dari buku ini merasa puas.

Buku Syaikh Wahid ini memberikan dua faedah sekaligus yang terkumpul di dalamnya :
  • penetapan akidah Islam yang menyatakan eksistensi bangsa jin, fenomena eksistensi dan pengaruh perbuatan serta tindakan mereka di dalam kehidupan sehari-hari. Baik dari sisi kebaikan, kejahatan, atau manfaat yang lainnnya.

  • penjelasan mengenai perlindungan diri dan ruqyah (penjagaan)yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah, dalam mengatasi gangguan jin dan setan. Buku ini menggabungkan antara penjelasan penyakit dan therapinya. Dan ini merupakan keistimewaan yang besar, sehingga menjadikannya sangat layak untuk dibaca dan dipahami setiap orang yang beriman.

Penulis juga membeberkan jurus-jurus yang ampuh untuk menghadapi serangan jin. Baik menangkal (preventif) maupun mengobatinya (kuratif), dengan cara-cara yang dituntunkan oleh syariat. Mengkaji isinya, kita akan semakin mengerti kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, Rabb manusia dan jin. Sehingga meskipun ghaib, kita senantiasa selalu menjadikan Allah SWT sebagai pelindung dari segala kejahatan makhluk-Nya. Wallahu  ‘alam bishawab.

Semoga bermanfaat.

12 comments:

  1. sering banget liat ruqyah..

    yahh...
    di daerah sini (sumbar) sering kejadiannya kesurupan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya belum pernah lihat sendiri, paling cuma di televisi :D

      Delete
  2. artikel dan informasinya sangat bermanfaat sobat :)

    ReplyDelete
  3. slmt pagi...aku pernah mengadakan ruqyah gratis..pesertanya banyak...tapi pelakunya bukan aku..aku cuma penyelenggara..dan banyak yang bisa normal kembali...trimakasih infonya..salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi juga pak.. :)

      Wahh.. senang ya pak bisa ngadain acara itu, jadi banyak yg tertolong. Alhamdulillah :D

      Delete
  4. aku kl iseng baca ayat2 rukyah yang ada di blg kk langsung kepala rasanya berat ama muntah2 ya???? apa itu reaksinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wallahu'alam dek Syifa.. tapi saran saya jangan pernah berhenti kalau membaca Al-Qur'annya. Walau rasa itu ttp ada, konsultasikan kepada dokter dulu mungkin adek sedang sakit yg lain. kalau tidak, maka perbanyak doa & beribadah pada Allah :)

      Delete
  5. hhehe.. sering banget merinding kalo pas pulang malem terus pas ngelewatin tempat gelap yang banyak pohon besar-besarnya.. >.<

    buku yang wajib dibaca nih kayaknya.. thanks mas infonya.,.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati mas.. mungkin itu ada semut yg merambat di bulu kuduk mas hehe :)

      sama2 mas :D

      Delete
  6. sepertinya harus beli buku ini nih

    ReplyDelete
  7. buku terbitan salafi judulnya apa ya ?
    penerbitnya siapa ?

    ReplyDelete