Monday 25 February 2013

Buku, Sumber Ilmu Dan Kebahagiaan



Buku adalah sekumpulan kertas yang dikumpulkan dan dijilid menjadi satu. Tentunya kumpulan kertas itu bukan hanya kertas kosong belaka tetapi kertas yang sudah terbubuhi oleh tinta emas sang penulis. Maka buku adalah kumpulan ide-ide sang sangat mahal. Ide tersebut bisa membawa energi yang positif dan negatif bagi pembacannya, dan sudah kita ketahui bersama bahwa buku yang bagus adalah buku yang bisa menginspirasi pembaca untuk melakukan hal-hal yang positif, bukan malah sebaliknya.

Bayangkan, jika pada sore atau pagi hari kita bersama keluarga duduk bersama di teras rumah sambil menikmati aroma kopi atau teh serta masing-masing memegang buku untuk dibaca dan didiskusikan bersama, alangkah indahnya hidup ini. Sang ayah serius membaca buku sambil sesekali menyeruput kopi disampingnya, sang ibu sedang membancakan dongeng untuk sang buah hati yang sedang mengalami masa-masa pertumbuhan. Maka bisa kita pastikan, suasana seperti itu akan menjadi suasana yang penuh dengan kehangatan cinta dan kasih sayang.

Kegiatan membaca bersama seperti ini sangat pentng dilakukan walau tidak bisa rutin setiap hari, karena secara tidak langsung akan membiasakan anak untuk mendengar dan membaca. Selain itu juga akan membangun rasa kedekatan antara anak dan orang tua. Kegiatan membaca bersama akan menjadikan anak tumbuh menjadi seorang pecinta buku dan penulis di masa depan.

Jika membacakan dongeng kepada anak usahakan menjawab semua pertanyaannya dengan fakta yang jelas, karena jika diberi jawaban yang membutuhkan pemikiran lama maka anak-anak tidak akan suka dan malah cerita yang diceritakan malah terlihat membosankan. Karena anak-anak suka cerita dengan alur yang sedeehana dan mudah difahami, apalagi cerita tersebut bergambar.

Dengan buku, keluarga akan menjadi lebih harmonis dan hangat. Membuka hati dan pikiran setiap manusia untuk berbuat lebih baik, dan lebih baik lagi, karena buku adalah sumber ilmu dan kebahagiaan.

Semoga bermanfaat :) 

12 comments:

  1. buku sangat banyak manfaatnya ya mas, sebagai penambah ilmu juga bisa bisa sebagai pengungkap sejarah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak.. buku memang sangat penting, usianya yang raatusan tahun tidak menjadi kendala, karena ilmu dlm buku tersebut terus berkembang :)

      Delete
  2. buku adalah sumber ilmu, tapi fumgsinya sedikit tergantikan oleh kemajuan teknologi, internet sekarang lebih menarik untuk anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun sekarang sua jarang yg hobi membaca buku, dan lebi memilih internet untuk sumber informasi, tetapi buku jauh lebih aman. apalagi jika digunakan anak-anak. dan juga lg untuk mengembangkan wawasan di daerah terpencil tdk mungkin dngn internet, buku jauh lebih efektif & efisien. :)

      Delete
  3. iya dijaman serba digital, peran buku masih tidak terkalahkan. Untuk masalah arsip memang fungsi teknologi digital macam komputer dapat diandalkan, memuat setumpuk buku hanya dalam 1 keping CD atau beberapa megabyte ruang harddisk.
    tetapi untuk peran otentik/orisinal/sumber literatur yang resmi...maka bukulah jawabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya buku2 tua banyak diburu kolektor ya pak.. kalau gadget tua pasti dah g' laku :)

      Delete
  4. Namun, sayangnya minat baca di Indonesia masih rendah. Apalagi skrg TV sepertinya sudah mendominasi tontonan. parahnya, tayangan TV tidak mendidik sama sekali. Berharap semoga budaya membaca kita akan terus tumbuh. "Baca Bukumu" kata Upin dan Ipin ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tayangan tv sekarang berbeda sama dulu pak.. kalau dulu seingat saya MNC masih TPI & TVRI tayangan mendidik semua.. praktek kimia & fisika kalau g' gitu tayang discovery channel.. lha sekarang kebanyakan sinetron g' jelas.. apalagi siang2 sudah disuguhin sama hantu.. mau jd apa 10 tahn kedepan.. :(

      Semoga minat baca anak2 semakin meningkat dan banyak stasiun tv yg kreatif & mendidik, bukan hanya hiburan fana semata..

      Delete
  5. punya 3 anak...dan blom ada yg berminat baca spt emaknya. dibacakan dongeng pun ogah..pengaruh tipi dan internet bgtu kuat. hiikzzz

    ReplyDelete
  6. saya lebih suka anak-anak baca atau main-maianannya dibanding nonton tv. makanya nih dirumah banyak buku dan tipa bulan dapat jatah beli buku untuk anak-anak :) terima aksih atas kunjungannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang ya ma.. kalau tiap bulan sudah ada anggaran buku sendiri.. :)

      Delete