Sunday 6 May 2012

PPL : Sebelum Pemberangkatan

Seminggu lebih rasanya tidak menjamah blog, bukannya karena sudah bosan atau tidak ada materi untuk ditulis, tetapi alasan yang lebih tepat adalah karena ada program PPL (Program Pengayaan Lapangan) dengan mengajar di Madrasah Aliyah Ponpes Al-Islah Lamongan. Banyak kejadian menarik dan mungkin pertama kali bagi saya.

Sebelum Pemberangkatan

Setelah melakukan persiapan sekitar satu bulan lebih akhirnya hari H PPL sudah semakin dekat. PPL (Praktek Pengayaan Lapangan) diisi dengan praktikum mengajar, karena saya mengambil fakultas pendidikan jurusan pendidikan bahasa arab.

Sebelum melakukan PPL, kami diharuskan untuk mengikuti micro teaching, semacam simulasi mengajar sebelum benar-benar mengajar di kelas sesungguhnya. Banyak yang gugup ketika mengajar dan seketika hujan keringat berjatuhan ketika baru masuk kelas (padahal yang diajar temannya sendiri), tetapi ada juga yang mengajar dengan suara lantang tanpa rasa grogi sedikitpun. Dan saya termasuk kriteria yang pertama.

Tak terasa hari pemberangkatan sudah di depan mata. Tanggal 28 April 2012 kami berangkat ke Lamongan, tepatnya di Pondok Al-Islah, Paciran Lamongan. Sengaja dipilih pondok Al-Islah Lamongan karena pondok ini memadukan  ilmu umum dan ilmu agama, khususnya pelajaran agama Islam dengan berbahasa arab  aktif.

Jam tujuh pagi kami sudah siap-siap untuk melakukan upacara pelepasan PPL, dan celakanya saya ditunjuk sebagai MC untuk acara ini. Awalnya deg-degan tetapi ketika sudah memulai bicara, alhamdulillah lancar sampai akhir.

Setelah acara usai kami melakukan foto bersama dengan para bapak dosen fakultas, kemudian dilanjutkan dengan persiapan untuk berangkat, karena telah dijadwalkan jam 09.00 baru berangkat ke Lamongan.

To be continue.. ^_^

Salam.

4 comments:

  1. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    apapun yang bisa kita lakukan lakukanlah sekarang .,.
    jangan buang waktu kamu sia2.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  2. @outbound training di malangTerima kasih atas kunjungannya pak.. :)

    Segera membalas silaturahmi :D

    ReplyDelete
  3. Suatu pengalaman yang berharga tuh bang..salutt bangg..

    ReplyDelete
  4. @ICAH BANJARMASINTerima kasih mas.. ini semua proses untuk menjadi diri saya, mohon doanya :D

    ReplyDelete