Monday 25 February 2013

Manfaat Dongeng Bagi Perkembangan Mental Anak

Dulu sewaktu kecil, pasti kita sering mendengar tentang cerita si kancil yang suka mencuri timun, atau si Malin Kundang yang durhaka kepada ibunya, dan masih banyak cerita penuh hikmah lagi yang sudah kita dengar sebelum tidur. Tetapi ternyata ketika kita sudah dewasa, dongeng itu tetap kita ingat daripada serial TV yang selama ini kita tonton setiap hari. Itulah dongeng dengan segala kekhasannya telah merasuk dan menyatu dengan ingatan kita.

Dongeng adalah kata yang sering kita dengar ketika masa kecil dulu. Dengan dongeng kita bisa terhibur dengan membayangkan kita masuk dalam alur cerita tersebut. Itulah dongeng, dengan segala kenangan yang tak bisa terlupakan, ternyata sangat ampuh sebagai media pemahaman dan pembelajaran anak-anak.


Cerita rakyat yang terangkum dengan apik dan penuh hikmah membuat anak-anak secara tidak langsung memahami tentang arti kebaikan dan keburukan sifat dan perilaku dalam masyarakat. Sehingga mereka akan berpikir dulu sebelum melakukan sesuatu. Mungkin dalam pikiran anak-anak akan terlintas "Jika saya melakukan ini, nanti akan seperti si.. atau si.. " pemikiran seperti inilah yang nanti bisa mengcounter sifat-sifat anak dan membimbing diri mereka sendiri untuk terus berperilaku baik. 

Selain itu, dongeng juga bisa sebagai media menghangatkan hubungan orang tua dan anak. Jika sang ayah atau ibu membacakan dongeng setiap malam sebelum sang buah hati tertidur, maka akan timbul suatu suasana emosi yang hangat, antara orang tua dan sang buah hati.

Orang tua juga harus bisa mengolah cerita dalam dongeng sehidup mungkin, karena ini akan sangat terlihat menarik dihadapan sang anak. Dalam bercerita tidak hanya sekedar membaca saja, tetapi dipadukan dengan  mimik muka dan gerakan tangan. Sehingga cerita dongeng tadi bisa lebih berkesan dan anak lebih bisa mengembangkan imajinasinya.

Mari kita membacakan dongeng untuk anak-anak Indonesia, anak-anak yang selalu akan berkembang kemampuan mental dan kecerdasannya. Sehingga akan terbentuk pribadi yang kuat dalam keyakianan dan pendiriannya. 

Semoga bermanfaat. :)

4 comments:

  1. mengingatkanku waktu kecil dlu hehehe
    salam kenal yah :)

    ReplyDelete
  2. kalo ayahku suka dongeng nabi2 sama wali songo, heheeuuu...keren...
    sekeren blognya mas Fajar Kurniawan Januar Efendi Andcisss....:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh walisongo.. saya dulu pernah dibelikan ibu kumpulan cerita walisongo.. saya baca & bawa terus sampai lecek bukunya :)

      Delete